Renungan Harian, Kamis 31 Desember 2020

Filipi 2:1-11

Natal dan Tahun Baru tahun ini menjadi pengalaman yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tidak ada kemeriahan suasana Natal dan Tahun Baru ditahun ini. kita sedang diperhadapkan dengan situasi yang sulit karena wabah virus corona ini, hubungan social menjadi terganggu, kesulitan ekonomi terjadi, dan banyak permasalahan bermunculan.

Berita Natal adalah berita tentang anugerah Allah yang sangat besar. Dan Tahun Baru adalah momen untuk membangkitkan Pengharapan terhadap tuntunan dan karya Allah disepanjang tahun ke depan.

Dari pembacaan kita hari ini, ada beberapa hal yang dapat kita renungkan Bersama, mengapa kita harus menaruh pengharapan kita hanya kepada YESUS saja:

Filipi 2:1 Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan,

1. Karena di dalam Yesus ada Nasehat (ayat 1a)

“Jadi karena dalam Kristus ada nasihat’. Kita menaruh pengharapan kepada Yesus Kristus, karena dalam Dia ada Nasehat. Kata“nasehat”yang dipakai adalah Paraklesis. Paraklesis adalah dorongan, penghiburan. Yesus adalah Penasehat yang Ajaib (Yesaya 9:5). Jemaat Filipi menaruh harapan kepada Yesus, karena nasehatNya yang menghidupkan.Bahkan jemaat bersatu karena makin menerima nasehat Kristus.

2. Karena di dalam Yesus ada Penghiburan Kasih (ayat 1B)

Kita menaruh pengharapan kepada Yesus Kistus, karena dalam Dia ada Penghiburan Kasih. Yesus Kristus adalah Penghibur yang sejati, yang penuh kasih. (Matius 11:28-30). Jemaat Filipi menaruh pengharapan hanya pada Kristus.

3. Karena di dalam Yesus ada Persekutuan Roh (ayat.1C)

Kita menaruh pengharapan kepada Yesus Kistus, karena dalam Dia ada Persekutuan Roh. Kata“persekutuan Roh”yg dipakai adalah koinonia pneumatos (fellowship of the Spirit) Kita tidak berjalan sendiri karena adalah persekutuan dengan Allah (fellowship, close relationship). Rasul Paulus merasakan kekuatan ini. Jemaat Filipi juga merasakan berkat yang luar biasa ini.

4. Karena di dalam Yesus ada Kasih ( ayat 1d)

Kita menaruh pengharapan kepada Yesus Kistus, karena dalam Dia ada KASIH. Kata“kasih”yang dipakai adalah affection and mercy. Kasih Yesus melebihi kasih yang lain. Ayat 6-8: Ia mengosongkan diriNya sendiri mengambil rupa seorang hamba. taat sampai mati di kayu salib. Sempurnakan sukacita kita.(ayat 2)

Ada berkat yang luar biasa (ay. 10-11) supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Marilah kita Menyambut tahun 2021ini dengan penuh pengharapan dan kasih didalam Tuhan Yesus, karena didalamnya ada berkat-berkat istimewa yang sudah Tuhan sediakan.

Sekalipun Tuhan ijinkan kita semua menghadapi situasi seperti saat-saat ini dan mari kita memasuki Tahun yang baru ini dengan tetap berpegang pada pengharapan yang benar yaitu di dalam Yesus saja.

CM