Renungan Harian Anak, Sabtu 30 Januari 2021

Syalom Adik – Adik , bagaimana kabarnya ? Sudah siap mendengarkan firman Tuhan ya. Hari ini renungan kita tentang Yesus sebagai pokok anggur dan setiap kita adalah carangNya. Yang terdapat dalam Yohanes 15 : 1 – 8.

Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah , dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya. Supaya ia lebih banyak berbuah.

Pada ayat 1 dan 2 ini, dijelaskan bahwa Yesus adalah pokok anggur , Bapa adalah pengusaha , dan ranting adalah gambaran kita sebagai anak anak Tuhan / orang percaya. Dituliskan di ayat 2 , ranting yang tidak berbuah akan dipotong , sedangkan ranting yang berbuah akan dibersihkan , supaya lebih banyak berbuah.  Ranting pohon anggur supaya menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas, harus mengalami yang namanya pembersihan. Yang membuat ranting tidak menghasilkan buah bisa dikarenakan ranting tersebut tidak melekat sehingga tidak dapat menyerap dengan baik setiap nutrisi yang dialirkan oleh batang pohon tersebut , bisa juga dikarenakan adanya benalu yang menempel pada ranting tersebut.

Ranting yang tidak meresap dengan baik setiap nutrisi itu menggambarkan anak-anak Tuhan yang menganggap firman Tuhan hanya sebatas angin lalu, tidak memperhatikan dan menangkap apa yang firman Tuhan katakan. Hidupnya tidak melekat dengan firman Tuhan, tidak melakukan apa yang Tuhan mau. Sedangkan benalu adalah gambaran dosa yang tidak mau kita lepaskan dalam hidup kita.

Adik-adik Dalam hidup kita , Tuhan selalu memberikan pilihan. Maukah kita dibentuk , dibersihkan dari segala dosa kita , dari segala kebiasaan hidup kita yang tidak berkenan.

Dibersihkan supaya kita menghasilkan buah yang baik. Menjadi berkat untuk banyak orang. Seberapa banyak dari kita yang menggunakan waktu yang ada dalam hidup kita untuk benar benar melakukan apa yang Tuhan mau. Adakah kita sudah bijak menggunakan waktu kita dalam hari lepas hari sesuai dengan yang Tuhan mau.

Dalam ayat 4 , Yesus berkata : Tinggallah didalam Aku dan Aku didalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri , kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah , jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Yesus mengajak setiap kita untuk tinggal didalam Tuhan, untuk kita hidup didalam Tuhan, karena diluar Tuhan kita tidak dapat berbuah ( ayat 5 ) . Seperti halnya ranting yang harus melekat dengan pokok , maka setiap kita juga harus melekat , tinggal didalam Tuhan sebagai pokok anggur kita.

Dengan cara bagaimana kita melekat dan tinggal di dalam Tuhan?

1. Membaca dan mendengarkan firman Tuhan melalui renungan harian yang kita terima setiap harinya.
2. Memiliki waktu doa pribadi
3. Memuji dan menyembah Tuhan
4. Bergaul kariblah dengan Tuhan,dengan cara libatkan Tuhan dalam segala apa yang kita kerjakan.

Ajaklah Tuhan bicara , bertanya dan berkonsultasilah kepada Roh Kudus dalam setiap hal yang adik-adik alami dan hadapi.

Ketika kita tinggal di dalam Tuhan , maka apa saja yang kita kehendaki , maka kita akan menerimanya ( ayat 7 ). Sehingga Bapa dimuliakan melalui hidup kita ( ayat 8 ).  Mari kita bawa hidup kita untuk lebih lagi dekat dengan Tuhan. Supaya kita memiliki hidup yang berbuah , memberkati banyak orang dan nama Tuhan dimuliakan.

Waktunya ayat hafalan, semangat ya Adik Adik.

Yohanes 15 : 8, Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan , yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid – murid Ku.

Komitmen kita pada hari ini :

Tuhan Yesus , aku mau lebih lagi dekat dan tinggal di dalam MU, aku mau menjadi anak yang berbuah dan memuliakan nama Mu melalui hidupku. Roh Kudus mampukan aku untuk melakukannya. Amin

KL – NJ

PENGUMUMAN :

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday … Besok hari minggu jam 08.15 di chanel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“BERANI MENGAKUI KESALAHAN”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Untuk aktivitas besok adik-adik perlu siapkan.

  1. Kertas Bufalo Warna Warni
  2. Kertas Lipat
  3. Gunting
  4. Penggaris
  5. Pensil
  6. Lem
  7. Pensil warna / Spidol

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.