“Honest Thief”

August 28, 2021 0 Comments

Renungan Harian Anak, Sabtu 28 Agustus 2021

Bacaan: YOHANES 4:1-42

Selamat pagi adik-adik semua. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat agar hari yang kita jalani bjsa dilalui dengan menyenangkan. Hari ini yuk sama-sama kita mau belajar Firman Tuhan lewat renungan hari ini.

Adik-adik kira-kira apa yang adik-adik lakukan jika tidak bisa mendapatkan sesuatu yang kalian inginkan? Mungkin kita akan merengek-rengek untuk meminta atau melakukan sesuatu yang nantinya sebagai imbalannya adalah sesuatu yang kita inginkan atau bisa juga kita harus menahan kemauan itu hingga waktu yang tepat tiba. Adik-adik …  jangan sampai kita mencari jalan pintas yang menurut kita enak namun ada hal yang buruk yang menanti kita setelah itu, mencuri misalnya. Mencuri adalah tindakan yang salah bahkan di Alkitab sendiri itu adalah suatu tindakan yang tidak disenangi oleh Tuhan. Mengambil sesuatu yang seharusnya bukan kepunyaan kita tidak hanya merugikan orang yang dicuri, bisa saja orang disekitarnya juga merasa rugi akibat barangnya dicuri ataupun hal-hal buruk akan menimpa si pencuri, seperti khawatir akan ketahuan dan akan ditangkap.

Ada sebuah film yang menceritakan bagaimana penyesalan seorang pencuri yang berusaha untuk menebus kesalahannya. Judul film tersebut adalah Honest Thief. Diceritakan dalam film Honest Thief, seorang bernama Tom Dolan, pelaku perampokan belasan bank yang hendak insaf, lalu mengakui perbuatannya kepada polisi. Ia juga bermaksud mengembalikan semua uang curian, sebesar 9 (sembilan) juta dolar AS, dengan kesediaan di penjara sambil menyebut syarat tertentu yang harus dipenuhi. Ketika polisi bertanya mengapa ia melakukan hal yang tak lazim itu, Tom menjawab, “Aku telah bertemu seorang wanita dan ingin menjalani hidup tanpa rasa bersalah.”

Adik-adik Mencermati isi film tadi, kita pasti mengingat dengan beberapa tokoh dalam Alkitab yang mengalami perubahan kehidupan secara drastis setelah berjumpa dengan Yesus. Kita ingat bahwa sebagian dari para rasul, menerima tujuan hidup yang baru setelah berjumpa dengan Yesus-dari penjala ikan menjadi penjala manusia. Ada pula kisah Zakheus, seorang pemungut cukai dengan stigma buruk di masyarakat, tetapi hidupnya diubahkan usai Yesus mampir ke rumahnya. Dalam Injil Yohanes 4, kita melihat bagaimana seorang wanita yang hidup “tidak benar”, bertobat dan kehidupannya berubah setelah berjumpa dan bercakap-cakap dengan Yesus di dekat sumur.

Kuasa dari perjumpaan dengan Tuhan Yesus yang sungguh dahsyat, bukan? Ucapan-ucapan pengajaran Yesus, tidak cukup bila hanya didengarkan. Percakapan Yesus dengan perempuan Samaria penuh dengan pengajaran-pengajaran yang luar biasa dalam maknanya. Percakapan Yesus dan Wanita ini dari soal air, timba dan sumur ke sosok Kristus, Sang Air Hidup.

Dari air sumur ke Air hidup. Dapatkah air sumur, walau setimba banyaknya, melegakan dahaga jiwa dari rasa takut, kuatir, dan tidak aman? Perempuan Samaria ini memuaskan dahaga jiwanya dengan pengajaran-pengajaran yang benar dan itu didapatkannya dari Yesus, sang “Air hidup” (ayat 13, 14).

Nah diperlukan Respons yang tepat. Seperti Wanita ini, ketika Tuhan Yesus menawarkan air kehidupan yaitu Firman-Nya, Wanita ini mau meresponi dengan pertobatan.

Bagaimana dengan adik-adik? Ketika Firman Tuhan datang buat adik-adik adakah adik-adik mau meresponinya dengan ketaatan? Yuk ijinkan Tuhan Yesus semakin merubah kehidupan kita menjadi sesuai dengan kehendak Tuhan.

Ayat hafalan

Yohanes 4:13 Jawab Yesus kepadanya: “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya.

Komitmenku hari ini

Aku mau selalu haus akan Firman Tuhan, karena aku percaya ada kuasa didalam Firman Tuhan yang sanggup merubah kehidupanku

Tuhan Yesus memberkati

MEK – IFM

PENGUMUMAN :

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday Besok … hari minggu jam 08.15 di channel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“BERSYUKURLAH DALAM SEGALA HAL”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Dan untuk aktivitas besok adik-adik siapkan alat dan bahanya ya … yaitu

  1. Kertas Lipat
  2. Alat tulis dan Warna
  3. Gunting

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *