“Menang Bersama Tuhan”

August 11, 2021 0 Comments

Renungan harian Anak, Rabu 11 Agustus 2021

Hakim-hakim 7:1-25

Shalom……. Selamat pagi Elohim Kids. Kakak berdoa kita semua dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Tuhan. Yuk, kita merenungkan firman Tuhan.

Adik-adik pernah mendengar cerita tentang Gideon?????? Kisahnya ditulis dalam kitab Hakim-hakim 6-8. Gideon adalah salah satu hakim di Israel yang pernah mengalahkan orang Midian hanya dengan 300 orang pasukan Israel.

Awalnya Gideon bukanlah pahlawan yang luar biasa. Sama seperti orang-orang Israel lainnya, Gideon juga takut kepada orang Midian yang saat itu menguasai Israel. Bahkan Gideon memilih untuk bekerja secara diam-diam supaya tidak dirampas oleh orang Midian. Namun hidupnya berubah setelah bertemu malaikat Tuhan. Gideon yang sebelumnya takut dan selalu bersembunyi untuk menyelamatkan dirinya berubah menjadi pahlawan yang gagah berani. Hal ini terjadi setelah Gideon bertemu dengan Tuhan melalui malaikat-Nya. Bersama Tuhan, Gideon jadi pemberani. Gideon berani untuk meruntuhkan mezbah berhala ayahnya. Ia juga mendirikan mezbah persembahan bagi Tuhan. Selanjutnya ia pergi menyerbu kemah pasukan Midian hanya dengan 300 orang Israel bersamanya. Gideon mendapatkan pasukan itu sesuai dengan petunjuk dan arahan Tuhan. Jika dibandingkan, jumlah pasukan Gideon sangat sedikit untuk dapat mengalahkan pasukan Midian.  Tapi bersama Tuhan, mereka mendapatkan kemenangan besar.

Tuhan yang memberikan strategi perang serta Tuhan sendiri yang berperang bagi mereka. Gideon dan pasukannya tidak berperang secara langsung, tapi Tuhan yang berperang dan memberikan kemenangan besar kepada Gideon dan pasukannya (Hakim-hakim 7:9-22). Gideon mendapat kemenangan bukan karena kekuatan dan keberaniannya. Tapi karena Tuhan beserta Gideon.

Adik-adik, mungkin saat ini kita merasa memiliki musuh yang sangat besar dan kuat. Keadaan saat ini membuat kita merasa takut dan kuatir. Kita tidak bebas beraktifitas, sekolah online yang mungkin membuat kita sulit untuk belajar, hingga musuh terbesar kita saat ini adalah kemalasan dalam diri kita sendiri. Yuk, belajar dari Gideon. Kita pasti mampu mengalahkan musuh kita asalkan kita mau berserah penuh kepada Tuhan dan meminta penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Kita harus yakin bersama Tuhan, kita mampu menghadapi setiap musuh kita yaitu rasa takut, rasa malas, kesulitan dalam belajar, dan sebagainya.

Sama seperti Gideon yang selalu taat dan melakukan arahan Tuhan, kita juga harus taat dan melakukan setiap perintah Tuhan agar dapat mengalahkan musuh kita. Belajar untuk berserah dan melakukan firman Tuhan dalam hidup kita. Mungkin kita bukan anak yang hebat, tapi….. bersama Tuhan kita adalah anak-anak luar biasa, anak-anak pemenang.

Semangat anak-anak hebat… kalian tidak boleh mudah menyerah ketika ada tantangan, karena ada Tuhan Yesus yang akan memberikan pertolongan dan kemampuan buat adik-adik semuanya

Ayat hafalan:

Mazmur 108:14 Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita.

Komitmen hari ini:

Tuhan, aku mau melangkah bersama Engkau. Kiranya Tuhan selalu menjadi pemimpin dalam setiap langkahku. Bersama Tuhan aku bisa melakukan hal yang luar biasa.

SP -GCT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *