“BERJUANG UNTUK MEMPERTAHANKAN IMAN”

July 10, 2021 0 Comments

Renungan Harian Sabtu, 09 Juli 2021

Yudas  1:7-25

Salah satu inti  pokok dalam surat  Yudas ini adalah supaya  tetap  berjuang untuk mempertahankan iman. Iman Kristen adalah  kepercayaan kepada Allah Bapa di dalam Yesus Kristus.

Hal mempertahankan iman sangat  penting karena sangat suci ;  iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan an bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat ( Ibrani 11:1).   Sebab lain pentingnya mempertahankan iman adalah karena  pengaruh dan godaan dunia ini, termasuk pengaruh orang-orang yang menyalah  gunakan  kasih karunia Allah,   yang hidup menurut  hawa nafsu dunia  sehingga menolak Tuhan dan FirmanNya.   Itulah sebabnya kepada kita dikatakan ;

ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu  oleh rasul-rasul  Tuhan kita, Yesus Kristus. dikatakan Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka ( ayat 17 -19)

Sebagai informasi kepada kita, perlu tahu tentang siapa mereka yang dimaksud pengejek-pengejek itu. Dalam  1 Yohanes 2:19 dikatakan demikian ; Memang mereka berasal dari antara kita  tetapi mereka  tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita . tetapi hal itu terjadi , supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

Tentang mereka yg dimaksud  dalam hal ini kelihatan dari beberapa ciri yang disebutkan : pemecah belah, dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan duniawi,  dan hidup tanpa roh kudus (ayat 19).  ada beberapa pesan rohani bagi kita :

1. Bagi kita adalah “ Kita harus sungguh-sungguh di dalam Tuhan “.

artinya adalah sungguh-sungguh percaya, sungguh-sungguh hidup di dalam kasih, sungguh-sungguh beribadah, penuh dengan pengharapan, sengguh-sungguh menantikan kedatangan Yesus yang kedua kali, sungguh-sungguh taat dan setia, dll.

2. Adalah kita harus membangun diri masing-masing di atas dasar iman yang paling suci dan tekun berdoa dalam Roh Kudus ( ayat 20 ).

adalah suatu hal yang wajib dan tidak boleh tidak, setiap orang percaya  membangun diri  sendiri diatas dari iman yang murni. Dengan jelas dikatakan bahwa kita harus membangun diri didalam iman, karena hal ini  adalah  sangat penting.  Dalam Roma 10 : 17 dikatakan Jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.   Maka langkah pertama untuk membangun diri di dalam iman adalah mendengarkan firman Tuhan !!!! yang dimaksud mendengarkan firman Tuhan adalah mendengarkan dengan sungguh-sungguh sehingga kita memahami dan tidak mudah melupakannya!!,  mendengarkan dan percaya dan mendengarkan untuk melakukannya. Firman Tuhan yang kita baca dan dengarkan dari kotbah adalah bermakna sama, yaitu mendengarkan firman Tuhan.

3. Sebagai langkah berikutnya adalah firman 

Tuhan harus menjadi kesukaan bagi roh jiwa kita setiap hari dan setiap saat. 1 Petrus 2 : 2 berkata “ Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir yang selalu ingin akan air susu murni dan rohani, supaya olehnya kamu  bertumbuh dan beroleh keselamatan. jadi firman Tuhan adalah bagaikan air susu yang murni dan yang rohani untuk bertumbuh dan membangun diri di dalam iman.  Semakin kita mendengarkan firman Tuhan, iman kita bertumbuh, rohani kita semakin kuat, pengharapan kita semakin teguh di dalam Tuhan, dan kita semakin mengerti cara dan karya Allah bagi keselamatan kita.

Yang menjadi dasar kebenaran bagi kita  untuk membangun diri dalam iman adalah Tuhan Yesus Kristus dan tidak ada dasar lain yang dapat diletakkan selain dasar yang telah diletakkan  “ Yesus adalah Mesias Anak Allah yang hidup”. ( Matius 16 : 6) Diatas dasar inilah gereja harus dibangun dalam iman.  Pada waktu percaya dan menerima Yesus, kita diberi kuasa menjadi anak-anak Allah ( Yohanes 1:12).  tetapi untuk bertumbuh menjadi dewasa sesuai dengan kepenuhan Kristus  adalah tanggung jawab pribadi setiap orang percaya!!.

Hal yang membuat iman kita teguh dan tidak dikalahkan oleh kuasa dunia dan pengaruh orang-orang  fasik adalah apabila iman kita bertumbuh , pengetahuan kita akan firman Tuhan, taat dan setia kepada Allah dan FirmanNya.

Kita juga harus tekun berdoa dalam Roh Kudus, yaitu berdoa dengan kuasa Roh Kudus, berdoa menurut kehendak Allah meminta Roh Kudus menolong kita untuk berdoa. 

Roma 8:26-27,….demikian juga Roh membantu kita dalam ke lemahan kita, sebab kita tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa ; tetapi Roh sendiri  berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yg tidak terucapkan.  Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud roh itu  yaitu bahwa Ia , sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

Sebab itu kita harus menjaga diri tetap didalam kasih Allah selama menantikan Yesus Kristus  untuk menerima hidup kekal yang telah dijanjikan.       

Tuhan memberkati

EW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *