Renungan Harian Kamis, 13 Mei 2021

Selamat memperingati hari kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga.

Kenaikan TUHAN YESUS ke Sorga bukan sekadar DIA kembali ke tempat asal-NYA, namun memiliki arti penting. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang makna di balik kenaikan-NYA itu karena Sering kali orang Kristen kurang memperhatikan dan mempelajari arti kenaikan TUHAN YESUS ke Sorga. Kita bersyukur atas penebusan dosa yang dilakukan melalui kematian  dan kebangkitan-NYA. Dalam Iman kekristenan baik kelahiran, kematian, kebangkitan, maupun kenaikan-NYA ke Sorga sama-sama memiliki makna yang penting dan perlu kita pelajari. TUHAN YESUS naik ke Sorga bukan sekedar pulang ke rumah-NYA di Sorga.

LUKAS 24 : 51, Dan ketika IA sedang memberkati mereka, IA berpisah dari mereka dan terangkat ke Sorga.

KISAH PARA RASUL 1 : 9 Sesudah IA mengatakan demikian, terangkatlah IA disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-NYA dari pandangan mereka.

Ada beberapa hal yang perlu kita pelajari seputar kenaikan TUHAN YESUS ke Sorga ini. Lukas mencatat Ayat di atas mencatat, bahwa kenaikan YESUS itu disaksikan oleh murid-murid-NYA. Mengapa demikian? Karena TUHAN YESUS tahu, bahwa kenaikan-NYA itu memiliki makna penting. Dan TUHAN tahu, setan berusaha menghilangkan fakta ini dan memakai orang-orang untuk mengaburkan, memalsukan dan menutup-nutupi fakta kenaikan TUHAN YESUS ini. Karena itu, TUHAN YESUS membawa para saksi, bahwa DIA benar-benar naik ke Sorga. Dipertegas dengan pernyataan dari Lukas yang juga sebagai penulis Kisah Rasul ini, bahwa awan menutup-NYA dari pandangan mereka. Berarti hal ini bukan halusinasi, tetapi sungguh-sungguh nyata.

Tujuan YESUS adalah kembali ke Sorga. Hal ini menunjukkan bahwa DIA adalah benar-benar ANAK ALLAH yang berasal dari Sorga. Nubuat para nabi tentang YESUS telah digenapi: DIA lahir, mati, bangkit dan naik ke Sorga. Sebagai orang beriman, kita memiliki keyakinan dan menunggu kegenapan DIA akan turun menjemput kita untuk tinggal bersama-NYA di Sorga.

Kita acap kali bertanya-tanya, “TUHAN sudah mati menebus dosaku, sudah bangkit dalam kemenangan, mengapa DIA tidak terus tinggal di dalam dunia ini. Jadi kalau kita sedang sakit atau membutuhkan sesuatu, kita hanya perlu meminta kesembuhan, meminta berkat?” Ternyata TUHAN YESUS sudah meninggalkan berkat bagi kita, para murid-NYA, sebelum kenaikan-NYA ke Sorga.

1. TUHAN MEMBERIKAN BERKAT KEKUATAN

YOHANES 16 : 33 Semuanya itu KUkatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam AKU. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, AKU telah mengalahkan dunia.”

Berkat damai sejahtera yang telah dijanjikan-NYA sebelum DIA naik ke Sorga ini akan dapat kita nikmati dengan kondisi “di dalam AKU”. Damai sejahtera ini bukan membuat kita terlepas dari kesulitan, tetapi memampukan kita menghadapi dan mengalahkan kesulitan itu. Berarti kalau kita tidak mau dijajah problema, kita harus hidup di dalam YESUS, bukan hidup dalam keduniawian. Jadi pilihannya ada di tangan kita: menikmati berkat damai sejahtera, sehingga kita mampu menghadapi kesulitan, ataukah kita mengandalkan keduniawian yakni kekayaan, kekuasaan, dan segala kemampuan yang kita miliki.

2. DIA BERSYAFAAT BAGI KITA

IBRANI 9 : 24 Sebab KRISTUS bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat ALLAH guna kepentingan kita.

Di dalam Ibrani 9:22-24 tercantum secara ringkas namun lengkap tentang misi TUHAN YESUS turun ke dalam dunia dan kemudian kembali ke Sorga. Ayat 22 menjelaskan mengenai misi penyelamatan YESUS KRISTUS, Domba Paskah yang tersembelih bagi kita. YESUS datang ke dalam dunia bukan untuk meniadakan hukum Taurat, tetapi justru untuk menggenapinya. DIA mati menebus dosa kita, dan kemudian bangkit dalam kemenangan. Kemudian Dia menghadap Bapa “UNTUK KEPENTINGAN KITA”, Tuhan menjadi pembela kita, dihadapan Allah Tuhan Yesus menjadi pensyafaat atau pengantara antara Bapa dengan orang-orang yang percaya kepada-Nya

3. DIA MENYIAPKAN TEMPAT DALAM KEKEKALAN BAGI KITA

Yohanes 14:3, Dan apabila AKU telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, AKU akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-KU, supaya di tempat di mana AKU berada, kamupun berada.

Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga menggenapi apa yang Tuhan janjikan bagi kehidupan kita semuanya, janji yang sangat istimewa yaitu JAMINAN KESELAMATAN dan KEPASTIAN KEHIDUPAN YANG KEKAL bersama-sama dengan DIA

Betapa kita sangat bersyukur atas anugerah dan karya Allah yang sangat besar dalam kehidupan kita melalui kebangkitan-Nya Yesus membuktikan KEMULIAANNYA sebagai ALLAH yang HIDUP dan yang BERKUASA. Percayalah seperti janji yang Tuhan berikan bahwa melalui ROh KudusNya Dia menyertai kehidupan kita sampai akhir jaman. Tugas kita adalah menjadi saksi-saksiNya yang membawa berita keselamatan bagi dunia ini.

Tetaplah bersaksi, melalui kehidupan kita … nyatakanlah bahwa Tuhan sudah menebus dosa umat manusia, telah menyediakan jaminan keselamatan bagi semua orang yang mau untuk percaya kepada-Nya.

Kiranya dalam moment kita memperingati hari kenaikan Tuhan ini, membawa kita semakin memuliakan Tuhan dan menjadi saksiNya bagi duni ini.

Tuhan Yesus memberkati

YNP

Perayaan Ibadah Kenaikan Tuhan Yesus dilaksanakan pada hari Minggu jam 06.000 di gedung Gereja Elohim