Renungan Harian Youth, Rabu 12 Mei 2021

Ayat Firman Tuhan hari ini

Mazmur 119 : 9;11 Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.

Yohanes 16:13a Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran;

Hallo …. Teman-teman Youth yang dikasihi Tuhan , bagaimana kabarmu hari ini, saya harapkan kalian semua dalam keadaan sehat. Kalau,ada dari kalian yang saat ini sakit, saya berdoa kiranya Tuhan segera menjamah dan menyembuhkan.

Kita patut bersyukur atas apa yang Tuhan kerjakan sampai saat ini. Seberat apapun beban yang kita alami saat ini , kita yakin bahwa Tuhan pasti menonong kita, ketahuilah Tuhan tahu kemampuan kita dan Dia tidak penah memberi cobaan yang melebihi kekuatan kita. Kalau saat ini kita masih ada di dunia ini , pasti ada rencana Tuhan yang harus kita lakukan.  

Renungan Firman Tuhan pagi ini mengajarkan kepada kita, untuk selalu menjaga kelakuan kita tetap bersih dan kita menjadi teladan bagi orang-orang disekeling kita. Bamaimana dengan hidupmu saat ini? Apakah kalian masih jatuh bangun di dalam dosa? Atau hidupmu tidak mencerminkan sebagai anak-anak Tuhan yang seharusnya menjadi teladan? Tentunya kita semua mau tetap mempertahankan kelakuan bersih kita dihadapan Tuhan, bukan hanya di depan orang saja kelakuan kita seperti malaikat yang seolah-olah kita hidup tanpa dosa, tapi kita mau dalam setiap aspek kehidupan bisa mencerminkan bahwa kita adalah anak-anak Allah yang benar-benar layak dihadapanNya.

Perlu kita renungkan juga, apakah kita siap kalau sewaktu-waktu Tuhan memanggil kita. Sebab apalagi di masa pandemi ini, tidak jarang kita mendengar, rekan-rekan kita yang awalnya sehat , tiba-tiba dipanggil pulang pada saat yang tidak disangka-sangka. Kalau kita dipanggil Tuhan , apakah kita sudah layak dihadapanNya?  apa yang kita lakukan sampai saat ini? Apakah menyenangkan Tuhan atau malah menyedihkan hati Tuhan.

Rekan-rekan mari kita Bersama menyadari bahwa banyak hal yang bisa merusak kelakuan bersih kita, diantaranya adalah pergaulan yang salah, kalau kita salah dalam menentukan teman, kita akan mudah terseret dalam hal-hal yang menyakitkan hati Tuhan, juga dengan maraknya perkembangan teknologi digital yang bisa dengan mudah mengakses berbagai konten yang bisa merusak kelakuan baik kita, kalau kita tidak bijak dalam penggunaan internet tentunya akan membuat kita terikat didalam dosa yang membuat kita jauh daripada Tuhan.

Firman Tuhan hari ini mengatakan “ Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuan bersihnya, dengan menjaganya sesuai  dengan Firman Tuhan. Bagaimana kita bisa mempertahankan kelakuan bersih kita ,kalau kita tidak pernah membaca (mendengar) Firman Tuhan.

Jadi apa saja yang membuat kita bisa mempertahankan kelakuan bersih kita?

1. Firman Tuhan

Dengan Firman Tuhan lah anak muda bisa mempertahankan kelakuanya bersih dan sesuai kehendak Tuhan. Firman Tuhan adalah filter dalam kehidupan kita, sehingga kita bisa memilah2 mana yang baik dan berkenan kepada Tuhan.  Oleh sebab itu kita semua sebagai anak-anak muda kristiani, harus banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan rohani, dan kita tidak menggunakan waktu-waktu kita untuk melakukan hal-hal yang sia-sia.

Kita harus mendisiplin dan melatih kehidupan kita untuk beribadah, artinya tidak menjauhkan dari dari pertemuan ibadah, seperti yang dibiasakan oleh beberapa orang, dan semakin giat untuk melakukannya, menjelang hari Tuhan yang mendekat, sehingga kita bisa semakin banyak membaca dan mendengar Firman Tuhan , juga kita harus menyediakan waktu khusus untuk belajar firman Tuhan dan merenungkannya, maka iman kita akan semakin kuat dan kita akan bisa mempertahankan kelakuan bersih kita. (Ibrani 10:25).

Bukan dengan mendengar atau membaca saja kita bisa mempertahankan kelakuan bersih kita, tapi kita harus menyimpan firman itu dalam hati kita, sehingga kita tidak akan berbuat dosa. (Mazmur 119: 11)

2. Roh Kudus

Untuk mempertahankan kelakuan bersih kita, kita butuh pimpinan Roh Kudus itu yang merupakan Roh Kebenaran , yang membawa kita kepada seluruh kebenaran.

Kita minta kepada Tuhan untuk menerima Roh itu dalam kehidupan kita, sehingga kita dimampupan untuk menjalani kehidupan ini , untuk hidup kudus dan tak bercacat cela dihadapan Tuhan. Kita tidak akan sanggung mempertahankan kelakuan bersih, kalau kita mengandalkan kekuatan diri kita sendiri, kita butuh Roh Tuhan yang memimpin kehidupan kita.

Ayo teman-teman Elohim Youth yang dikasihi Tuhan, mulai lebih giat lagi  dan tetap semangat dalam beribadah, membaca dan merenungkan Firman Tuhan, jangan sampai dimasa pandemi ini kita kendor , juga kita mohon pimpinan Roh kudus dalam kehidupan kita, sehingga kita mampu, dalam mempertahankan kelakuan bersih kita. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Komitmenku hari ini

Aku mau menjaga hidupku dengan benar, kiranya Roh Kudus yang akan memampukan aku dan Firman Tuhan yang akan terus menuntun Langkah hidupku dalam kebenaran.

RA – YDK