Renungan Harian Youth, Kamis 13 Mei 2021

Syalom rekan-rekan Elohim Youth … Hari ini adalah hari yang istimewa bagi kita semuanya dalam iman kekristenan, hari ini kita merayakan hari kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga.

Sedikt kita belajar mengenai kisah ini … Empat puluh hari setelah Hari Raya Paskah orang Yahudi, Yesus terangkat ke sorga. la terangkat ke sorga untuk bersekutu dengan Bapa-Nya dalam kemuliaan.

Kata “SORGA” dalam bacaan ini diterjemahkan dari kata Yunani ouranos. Dalam budaya Yunani, ouranos adalah dunia para dewa. Kata sorga di dalam Alkitab sendiri merupakan serapan dari bahasa Jawa, swarga. Kata “swarga” juga merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta yaitu svarga (khayangan), yang memiliki arti serupa, yaitu tempat kediaman para dewa dan dewi.

Penulis Injil Lukas meminjam istilah Yunani, ouranos, untuk mengatakan bahwa Yesus yang telah bangkit dari kematian itu bukanlah orang sembarangan. Yesus dipercaya melampaui dewa-dewi Yunani, sebab pemahaman penulis tentang ketuhanan Yesus dipengaruhi oleh gambaran-gambaran umum alam pikir Yunani pada saat itu.

Peristiwa Yesus terangkat ke sorga adalah peristiwa Yesus bersekutu dengan Bapa-Nya dalam kemuliaan. Yesus terangkat ke sorga merupakan sebuah Fakta kemenangan besar, Tuhan bukan saja mengalahkan maut melalui kematian dan kebangkitanNya, Kenaikan-Nya ke Sorga menjadi sebuah kepastian bahwa Tuhan akan menggenapi Firman-Nya bagi kita semuanya.

MENYEDIAKAN TEMPAT DALAM KEKEKALAN

Yohanes 14:1-3 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.

Apa yang Tuhan nyatakan dalam ayat diatas menjadi kepastian bagi kita semuanya bahwa Tuhan memberikan KEPASTIAN HIDUP yang KEKAL dan ini menyatakan kebesaranNya. Kenaikannya ke Sorga menggenapi Firmannya yang mengatakan “Aku pergi kesitu untuk menyediakan tempat bagimu”

Dan jika tiba saatnya, Dia akan menjemput kita, setelah mengalami kematian dan kebangkitan di dalam Kristus, semua orang percaya akan kembali kepada Allah dalam kemuliaan. Mereka akan hidup bersekutu dengan Allah dalam kemuliaan-Nya. Sebagaimana Tuhan Yesus bersekutu dengan Bapa-Nya dalam kemuliaan, demikian pula setiap orang percaya akan bersekutu dengan Allah dalam kemuliaan-Nya.

MENGARUNIAKAN ROH KUDUS

Yohanes 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;

Roh Kudus diberikan kepada kita untuk menyertai kita selama-lamanya, karya Roh Kudus tidak terbatas ruang dan waktu tetapi Dia tinggal dalam kehidupan setiap orang percaya untuk hidup dalam kebenaran Firman Tuhan, mengubahkan kita dan memberikan kuasa untuk menjadi saksi-saksiNya.

Saat Yesus naik ke Sorga, murid-muridnya bersembunyi dan berdoa karena takut dengan ahli-ahli taurat, dan seperti yang Yesus janjikan kepada Murid-muridNya bahwa akan ada penghibur yaitu Roh Kudus yang akan membabtis dengan api, saat mereka menerima urapan dari Roh Kudus itu, saat itu juga para murid mendapat kuasa untuk bangkit dari ketakutan, berbicara, berani, dan berbicara dalam bahasa lain (Kisah 2:1-21).

MENJADI PERANTARA ANTARA MANUSIA DAN ALLAH BAPA.

I Timotius  2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

Ibrani  7:25 Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

Karya keselamatan yang dianugerahkan Allah terus berkarya hingga kepada kekekalan. Tuhan Yesus menjadi perantara antara kita manusia yang berdosa ini dengan Allah yang Kudus. Kita dapat datang kepada Allah dengan persekutuan yang erat dan keyakinan yang kokoh bahwa kita layak dihadapan Allah karena penebusan Kristus.

Ibrani 10:19-22 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus,karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri, dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah.Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh

Peristiwa persekutuan Yesus dengan Bapa dalam kemuliaan itu digambarkan bermacam-macam di dalam Alkitab. Misalnya dalam kitab Markus 16:19 menggunakan gambaran, “duduk di sebelah kanan Bapa”, kitab Kisah Para Rasul 1:9-11 menggunakan gambaran “la naik ke langit dan didampingi dua orang berpakaian putih”, dan sebagainya. Melalui peristiwa terangkatnya Yesus ke sorga, Allah menyatakan janji-Nya pada kita, yaitu suatu kehidupan persekutuan bersama-sama dengan-Nya dalam kemuliaan dan kekekalan. Dengan adanya janji ini, anak-anak Allah tidak perlu khawatir atau cemas akan hidupnya kini dan masa depannya karena ada Roh Kudus yang selalu menyertai kita dan Tuhan yang selalu menjadi PEMBELA bagi kita anak-anakNya

Komitmenku hari ini

Kebangkitan Kristus memberikan makna yang membuktikan KebesaranNya bagi kehidupan ku karena didalamnya nyata bahwa seluruh janji yang Tuhan Yesus berikan pasti akan digenapi sekarang dan sampai kepada kekekalan

YNP – TVP

IBADAH PERAYAAN KENAIKAN TUHAN YESUS
Dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Mei 2021
Jam 06.00
Di Gedung GPdi Elohim Batu