Keputusan yang Takkan Pernah Disesali

May 6, 2024 0 Comments

Renungan harian Senin, 06 Mei 2024

Buku Except Ye Repent “Jikalau kamu tidak bertobat” – Luk 13:3 tulisan dari Harry Allen Ironside (1876-1951) adalah buku karangan terbaik dan dalam statementnya adalah Saya sangat yakin bahwa doktrin tentang pertobatan itu adalah sebuah catatan penting yang terhilang di banyak gereja ortodoks. Saya menulis buku ini dengan sepenuh hati.” ― H.A. Ironside

Berita tentang pertobatan adalah hal yang tetap menjadi penting bagi gereja, namun banyak gereja yang mengabaikannya. Beberapa alasan mengapa berita pertobatan tidak menarik karena seperti makanan keras yang tidak mudah diterima, khotbah pertobatan dirasa bertolak belakang dengan berita kasih karunia Allah yang besar.

Namun Alkitab memberitahukan bahwa PESAN PETOBATAN adalah TEMA UTAMA dalam kebenaran Firman Tuhan. Mari kita memperhatikan beberapa bagian Firman Tuhan.

YOHANES PEMBAPTIS:Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Mat. 3:2).

YESUS:Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!” (Mrk. 1:15).

YESUS: “Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat” (Luk. 5:32).

YESUS:Dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem” (Luk. 24:47).

PARA MURID:Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat” (Mrk. 6:12).

PETRUS:Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus” (Kis. 2:38).

2 Petrus  3:9,Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.“

Kisah Rasul 17:30,Dengan tidak memandang lagi zaman kebodohan, maka sekarang Allah memberitakan kepada manusia, bahwa di mana-mana semua mereka harus bertobat.”

Pertobatan adalah kehendak Allah yang dinyatakan kepada manusia untuk manusia berbalik kepada Allah.  Pertobatan akan mendatangkan keselamatan dan seseorang yang bertobat tidak akan pernah menyesali.

PERTOBATAN ADALAH KEPUTUSAN YANG TIDAK AKAN PERNAH KITA SESALI

Apakah makna dari Pertobatan ?

Pertobatan bukan… Sekadar berduka karena dosa, kesediahan dan cucuran air mata itu tidak sama dengan pertobatan jika tidak ada perubahan kehidupan ini adalah hanya sebuah penyesalan. Penyesalah tidak sama dengan pertobatan

Pertobatan bukan…Sekadar berjanji untuk menjadi lebih baik, pertobatan bukan hanya sekedar “Self revolution” namun pertobatan adalah sebuah keputusan yang berlanjut kepada tindakan.

Pertobatan berarti terus-menerus berbalik dari dosa saat engkau menyadari dosa-dosamu supaya engkau dapat terus-menerus memberi dirimu kepada Allah.”  – J.I. Packer

Pertobatan memang melibatkan dukacita yang kita buat dan menuntut komitmen untuk berubah namun ada hal yang lebih yaitu senantiasa dan terus menerus untuk mau berubah dan memberikan kehidupan kita kepada Allah. Perubahan harus diawali dari Karunia Allah, karena natur manusia yang berdosa tidak memungkinkan secara alamiah mencari Allah. Pertobatan adalah Karya Roh Kudus atas kehidupan manusia.

Paket pertobatan Ada 2 sisi pertobatan yaitu Sisi pertama Tidak kepada dosa dan Sisi yang Kedua adalah Ya kepada kehendak Allah.

Ini adalah hal yang penting, seringkali kita memandang pertobatan adalah tentang tidak kepada dosa (aspek negatif) namun juga bergerak kepada Ya dengan kehendak Allah (Aspek Positif). Pertobatan harus utuh mencakup 2 sisi ini meninggalkan dosa dan mengarahkan diri kepada kehendak Allah. Kekristenan melampaui hukum moralitas (tidak melakukan perbuatan dosa) namun melangkah kepada penyerahan diri kita kepada kehendak Allah dan Ya kepada Tuhan.

Perhatikan apa yang menjadi nasehat Firman Tuhan

1 Tesalonika 1:9 Sebab mereka sendiri berceritera tentang kami, bagaimana kami kamu sambut dan bagaimana kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk melayani Allah yang hidup dan yang benar. ~ Berbalik dari berhala dan untuk melayani Allah

Roma 6:13  Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.

1 Timotius 6:11, Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu,  kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.

2 Timotius 2:22, Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni..

Karena itu Pertobatan adalah Berita pertobatan adalah KABAR BAIK!

Pdt. Soerono

Bacaan Alkitab hari ini : Ulangan pasal 14 dan 15

https://elohim.id/baca-alkitab-senin-06-mei-2024/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *