“Memiliki dampak Positif”

September 22, 2021 0 Comments

Renungan harian Anak, Rabu 22 September 2021

Matius 5:16 “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Syalom adik adik Elohim Kids…

Gimana nih keadaan kalian semua hari ini, semoga baik dan sehat selalu ya…Adik adik pernah gak sih kalian itu melakukan suatu perbuatan, dan itu memberikan efek atau dampak kepada orang lain. Misalnya adik adik melakukan hal yang baik ke teman kalian, dan itu membuat teman kalian sangat senang dan bahagia. Atau kalian melakukan hal yang buruk dan membuat teman kalian menjadi marah.

Adik adik setiap orang memiliki potensi untuk mempengaruhi orang lain disekitarnya. Pengaruh tersebut bisa positif ataupun negatif. Biasanya orang yang membawa pengaruh positif disebut sebagai Motivator, dimana mereka mampu untuk memotivasi oranglain, sehingga orang itu mengikuti jejaknya atau menjadi inspirasi buat orang lain, sedangkan orang yang membawa pengaruh negatif disebut sebagai Provokator, mereka adalah orang yang menghasut oranglain untuk melakukan perbuatan yang buruk atau negatif.

Adik adik, didalam kehidupan Kristen, Tuhan Yesus menginginkan setiap orang percaya memiliki kehidupan yang berdampak dan membawa pengaruh yang baik bagi dunia ini. Dengan kata lain kita harus bisa memengaruhi orang-orang sekitar melalui teladan hidup yang positif dan menjadi berkat bagi mereka. 

Supaya kita dapat memberi dampak positif bagi orang-orang di sekitar dan lingkungan, kita harus memiliki karakter yang baik.  Apa itu karakter?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang menjadi ciri khas seseorang.  Karakter menunjukkan siapa diri kita yang sesungguhnya, apa yang Tuhan katakan tentang kita.

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Adik adik orang Kristen yang berkarakter berarti orang yang tetap menjaga kualitas hidupnya dengan baik sekalipun tidak ada orang yang melihatnya, karena ia tahu Tuhan melihat setiap perbuatannya.

Inilah yang sedang Tuhan cari, orang Kristen yang memiliki karakter baik, yang tampak nyata dalam setiap perkataan dan perbuatan, seperti yang Firman Tuhan tuliskan di Alkitab bahwa keberadaan orang percaya di tengah dunia ini adalah sebagai surat Kristus yang terbuka, yang dapat dibaca dan dilihat oleh semua orang.

2 Korintus 3:3 Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.

Jadi untuk itu adik adik, yuk mari kita sama sama belajar untuk membangun karakter yang baik didalam hidup kita, sebab itu yang Tuhan mau dan inginkan didalam kehidupan kita.

Ayat Hafalan

Matius 5:16 “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Komitmen :

Tuhan Yesus, aku mau menjadi orang yang memiliki karakter yang baik dan bisa menjadi inspirasi buat oranglain. Mulai hari ini aku mau belajar untuk membangun karakter yang baik dihidupku.

Tuhan Yesus memberkati

YG – GCT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *