“Menjalani Passion”

June 21, 2021 0 Comments

Renungan Harian Youth, Senin 21 Juni 2021

Syalom rekan-rekan youth, salam semangat buat rekan-rekan semuanya.

Beberapa waktu lalu kata “PASSION” santer terdengar. “Bekerja itu harus sesuai passion, biar bisa menikmati” atau “Apa ya passionku? Udah umur segini masih gatau aja.”  Passion adalah sesuatu hal yang sangat kita sukai, ketika kita mengerjakan hal itu waktu tidak akan terasa, dan tentunya akan sangat bisa dinikmati. Tapi, banyak orang yang belum tau passionnya apa, dan bingung untuk menemukannya.

Passion adalah sebuah dorongan cinta yang menumbuhkan sebuah kegairahan, sebuah cinta yang sungguh-sungguh akan sesuatu.  Passion juga berarti semangat yang menggebu untuk mencapai suatu tujuan dan keinginan. Namun, dalam pengertian passion itu juga terkandung makna penderitaan. Artinya, passion membuat kita siap menderita untuk melakukannya passion akan timbul secara kuat apabila kita percaya kita akan mencapai hasil akhir yang menyenangkan. Seseorang yang percaya bahwa harapan sudah tidak ada otomatis akan kehilangan gairah, sehingga hal ini mempengaruhi hasil akhir yang dicapai.

Passion adalah kekuatan yang membuat anda tetap maju terus, tidak peduli rintangan apapun hal itu yang membedakan anda dengan orang-orang lain yang hanya bekerja keras.

Ciri-ciri menjalani passion

Passion Melakukan sesuatu yang Kamu NIKMATI, walaupun bisa jadi kamu belum ahli melakukannya

Passion berbicara mengenai sesuatu yang paling kamu nikmati. Jika kamu merasa menikmati saat melakukan sesuatu, mungkin saja hal itu merupakan passion yang Tuhan berikan padamu. Tidak usah peduli dengan keahlianmu saat itu karena keahlian bisa ditingkatkan sedangkan passion adalah seperti benih yang Tuhan tanam dalam hatimu untuk dikembangkan.

Passion akan membuat semangat yang menyala dalam hati dan memberikan energi yang besar dalam diri kita.

Energi ekstra! Inilah alasan kenapa orang yang hidup dengan passion-nya akan terlihat berbeda dengan orang yang hidup tanpa passion. Orang yang hidup dengan passion serasa memiliki energi yang tak pernah habis. Orang biasa mungkin akan capek untuk melakukan atau memikirkannya terus, tapi orang yang hidup sesuai passionnya dapat memberikan energi yang lebih sehingga membuat mereka tampil lebih bersinar. Bahkan akan melahirkan ide-ide yang cemerlang yang membuat semua hal yang dilakukannya itu semakin hidup.

Passion memampukan kita untuk berkorban dan berani membayar harganya

Passion adalah sesuatu yang membuat kita siap berkorban banyak terhadap hal tersebut. Kita puas berkorban dan melakukannya meski tak dibayar. Kita ingin melakukannya terus-menerus sekalipun mungkin hal itu justru membuat rugi kita sendiri. Penting untuk menghidupi apa yang menjadi passion kita karena hal itu akan membuat kita berkorban ke hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita.

Karena itulah Passion itu harus ditemukan didalam kita, lebih tepatnya harus kita SADARI bahwa PASSION adalah seperti BENIH yang sudah diberikan Tuhan dalam diri kita. Banyak orang mencari apakah passionnya, namun tidak paham bahwa itu sudah ada dalam dirinya. Karena itulah sadari bahwa Tuhan dengan anugerahnya sudah memberikan secara istimewa  kepada kita masing-masing.

Seperti yang diumpamakan dalam kisah talenta

Matius 25:15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

Tuhan memberikan semua talenta sesuai dengan kapasitas kita masing-masing, karena itu kita tidak perlu harus sama dengan orang lain. Tugas kita adalah menyediakan waktu dan membuka diri kita sendiri dengan KESADARAN apa yang menjadi “PASSION” kita.

KESADARAN bahwa passion itu sudah ada dalam diri kita harus menjadi pemahaman kita supaya kita tidak menjadi anak muda yang memandang salah dengan diri kita. Percayalah ada hal istimewa yang Tuhan rencakan buat hidupmu dan Tuhan sudah menaruh benih itu, temukanlah dalam diri kita masing-masing, kembangkanlah dan pergunakan semuanya untuk memuliakan nama Tuhan.

Secara sederhana 2 Kata kunci dari PASSION yaitu LOVE dan ENJOY. Passion itu akan membuat kita sangat suka dan kita akan bisa menikmati semuanya walaupun itu tidak mudah.

Ingatlah PASSION tidak hanya disadari, ditemukan namun juga dimatangkan, dimatangkan artinya dikembangkan dan diarahkan dengan tujuan yang tepat. Tentunya tujuan yang tepat ini adalah tujuannya Tuhan, dan tentunya bisa menjadi berkat dan juga kebaikan bagi sesama kita.

Gunakan PASSION kita sebagai energi untuk kita untuk mengerjakan kehendak Tuhan yang memuliakan nama-Nya dalam kehidupan kita.

Komitmenku hari ini

Aku menyadari bahwa Tuhan sudah menanamkan benih Passion dalam hidupku, bagianku adalah mengembangkannya dan memakainya untuk menggenapi rencana Tuhan dalam hidupku

ER1906 – KPH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *