“Tuhan melihat segalanya”

March 26, 2024 0 Comments

Renungan Harian Anak, Selasa 26 Maret 2024

Syalom adik-adik Elohim kids. Apa kabar hari ini? Semua sehat-sehat ya. Nah sebelum kita beraktifitas Mari kita terlebih dahulu merenungkan firman Tuhan tentang Tuhan melihat segalanya.

Suatu hari, ketika bermain bola dengan teman-temannya, Agus tanpa sengaja menendang bola terlalu keras. Bola tersebut meluncur dengan cepat dan menghantam sebuah jendela kaca di gedung sekolah. Kaca jendela itu pecah berkeping-keping! Agus merasa sangat takut dan panik. Ia tahu bahwa ia sudah membuat kesalahan besar. Teman-temannya yang lain melihat kejadian tersebut dan bertanya-tanya siapa yang memecahkan kaca tersebut. Ali, salah satu teman Agus, mendekati Agus dan bertanya, “Agus, apakah itu bola kamu yang memecahkan kaca tadi?” Agus merasa sangat bersalah, tetapi ia takut mengakui kesalahannya. “Bukan, Ali. Bola saya tidak mungkin bisa memecahkan kaca itu,” jawab Agus dengan ragu. Hari berganti hari, tetapi rasa bersalah Agus tidak pernah hilang. Setiap kali ia melintasi jendela yang pecah, hatinya terasa berat. Ia mulai menyadari bahwa menyembunyikan kesalahan bukanlah tindakan yang baik. Rasa bersalah dan takut akan ditemukan menjadi beban yang sangat berat baginya. Akhirnya, Agus memutuskan untuk mengakui kesalahannya. Ia mengumpulkan keberanian dan mengakui kepada guru dan teman-temannya bahwa ia yang memecahkan kaca itu. Meskipun ia mendapat teguran dan harus mengganti kaca yang pecah, Agus merasa lega. Ia belajar bahwa mengakui kesalahan dan bertanggung jawab atas tindakan kita adalah tindakan yang lebih baik daripada menyembunyikan kebenaran.

Setiap orang pasti ingin agar perbuatan baiknya diketahui tapi kejahatannya disembunyikan, bila perlu sebanyak mungkin orang tahu kebaikannya dan tidak yang tahu perbuatan jahatnya. Kejahatan terjadi ketika ada kesempatan dan berpikir bahwa tidak ada orang yang melihatnya. Setelah itu coba untuk menyembunyikan untuk tidak ada orang yang mengetahui seumur hidupnya. Nah adik-adik ketika kita melakukan kesalahan mungkin terhadap teman-teman atau siapa pun kita harus minta maaf atau ketika kita melakukan kejahatan kita Jangan berpikir untuk menyembunyikan itu semua karena itu akan membuat hidup kita tidak nyaman Dan rasa bersalah akan selalu membuat kita terganggu maka dari itu jangan pernah mencoba melakukan kejahatan. sebuah kesalahan besar ketika berpikir sebuah kejahatan dapat ditutupi dari mata Tuhan,  tetapi mata Tuhan ada di segala tempat, melihat segala hal mengawasi orang jahat dan orang baik.

Adik-adik dalam setiap kehidupan kita pasti akan menghadapi setiap persoalan untuk menjalani hari-hari kita, banyak tantangan mungkin ketika kita disekolah,  ditengah-tengah keluarga kita, lingkungan. Yang membuat hidup kita tidak menyenangkan tapi kita harus yakin dan percaya bahwa kita punya Tuhan yang sanggup membukakan jalan keluar dalam setiap pergumulan Kita.

Hati adalah Anugerah Tuhan untuk manusia. Tanpa hati, apa yang dilakukan hanya seperti sebuah robot. Hati nurani kita seperti  alarm mengingatkan kita bahwa mata Tuhan Senantiasa melihat segala berbuatan kita. Dan seharusnya kita bersyukur setiap  kali alarm menyala itu adalah tanda Tuhan mengasihi kita. Tuhan melihat segalanya, Tuhan hanya ingin dikasihi dengan sikap hati benar dan dengan segenap hati kita.

Adik-adik terlebih Tuhan sudah menebus kehidupan kita, Tuhan tahu segala dosa dan kesalahan kita dan Tuhan juga tahu jika kita tidak bisa membayar dosa kita. Karena itulah Tuhan Yesus datang kedunia ini untuk memberikan kasih dan karunia kepada manusia yaitu dengan menebus dosa kita. Kita semua berharga dan dikasihi oleh Allah, adik-adik semuanya sangat dikasihi oleh Tuhan karena itulah kita juga mau senantiasa mengasihi Tuhan. Kita tidak boleh hidup sembarangan sebaliknya pakai hidup kita, tubuh kita untuk memuliakan dan menyenangkan hati Tuhan.

Ayat hafalan:

Amsal 15:3 “Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik.”

Komitmenku hari ini

ID – KCP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *