GRATIS TAPI SEMPURNA DAN BERKUALITAS

March 26, 2024 0 Comments

Renungan Harian Youth, Selasa 26 Maret 2024

Syalom rekan – rekan Youth yang diberkati Tuhan, gimana kabarnya hari ini? Saya doakan kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan senantiasa.

Salah satu istilah yang bisa membuat semua orang merasa senang adalah “gratis”. Siapa pun pasti akan gembira jika mendapat makanan atau minuman tanpa bayar, barang-barang tanpa biaya, atau peluang untuk mendapatkan pengalaman tanpa dikenakan biaya. Apalagi jika yang diberikan secara gratis adalah sesuatu yang berkualitas dan bermutu, baik itu barang fisik maupun pengalaman yang dapat dinikmati, kita tentu akan dengan antusias menceritakannya kepada teman dan keluarga.

Pernahkah kalian mendapatkan sesuatu secara gratis yang ternyata melebihi ekspektasi? Bayangkan jika kita mendapatkan sesuatu yang sempurna dan berkualitas tanpa harus membayar apa-apa. Itu mungkin terdengar seperti mimpi, tetapi itulah apa yang Allah tawarkan kepada kita melalui kasih karunia-Nya. Sebenarnya kita tidak hanya mendapatkan gratisan di tengah dunia ini. Kita justru telah mendapatkan gratisan yang lebih berharga dari yang dunia berikan, yaitu gratisan keselamatan dalam Tuhan Yesus Kristus.

Efesus 2:8-10 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Di dalam surat Efesus dituliskan bahwa kita diberikan kasih karunia oleh Allah. Keselamatan dalam kasih karunia tersebut dapat diperoleh dengan iman yang dimiliki dalam Yesus Kristus. Menariknya, tidak ada satu pun usaha manusia yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kasih karunia tersebut. Semuanya murni pemberian dari Allah kepada setiap kita.

Prinsip “Gratis Tapi Sempurna dan Berkualitas” sangat tampak dalam anugerah keselamatan yang diberikan Allah kepada kita. Keselamatan ini adalah hadiah gratis dari Allah yang diberikan kepada kita, tidak ada yang bisa kita lakukan untuk memperolehnya. Namun, meski gratis, keselamatan ini adalah anugerah yang sempurna dan berkualitas karena datang langsung dari Allah, pencipta segala sesuatu yang sempurna dan berkualitas.

Gratisan yang diberikan Allah kepada kita memiliki perbedaan mendasar dengan apa yang ditawarkan dunia. Dunia memberikan pemberian yang bersifat sementara, namun Allah memberikan pemberian yang abadi. Dunia memberikan hadiah dengan kualitas biasa, sedangkan Allah memberikan hadiah dengan kualitas yang melampaui segala harapan.

Bagaimana kita menghargai hadiah luar biasa yang Allah berikan kepada kita?

Paulus mengingatkan kita bahwa keselamatan kita bukanlah hasil dari usaha atau pekerjaan kita sendiri, melainkan sebuah pemberian gratis dari Allah. Ini adalah anugerah yang sempurna dan berkualitas tinggi yang tidak bisa kita capai dengan usaha kita sendiri. Kita tidak bisa membeli atau mendapatkan keselamatan ini melalui kebaikan atau tindakan kita sendiri; itu semua karena kasih karunia Allah.

Namun, Allah tidak hanya memberikan kita keselamatan sebagai hadiah gratis. Dia juga menciptakan kita kembali dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik. Meskipun kita diselamatkan oleh kasih karunia, kita juga dipanggil untuk menjalani hidup yang berdampak, berbuat baik bagi orang lain, dan memuliakan nama Allah.

Paulus menulis, “… Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik,” (Ayat 10). Setiap individu yang telah menerima anugerah kasih karunia dari Allah adalah orang yang ditakdirkan untuk mengerjakan tindakan-tindakan baik. Ini berarti, dengan pemberian istimewa yang diberikan, kita seharusnya menjalani kehidupan dengan berbuat banyak kebajikan di dunia. Bukan sekedar untuk keuntungan diri sendiri, melainkan untuk memuliakan nama Allah. Sudah ada hadiah luar biasa yang tersedia untuk kita, mari kita hargai anugerah Allah dengan sepenuh hati dan sebarkan berita ini kepada banyak orang.

Rekan-rekan Youth semuanya, mari kita hargai anugerah luar biasa ini yang diberikan oleh Allah. Mari kita jalani hidup dengan rasa syukur yang mendalam, berusaha untuk menjalankan kehendak-Nya, dan membagikan kabar baik ini kepada teman-teman kita. Jangan biarkan anugerah gratis ini hanya menjadi berita bagi kita sendiri, tetapi sebarkan kebaikan dan kasih karunia Allah kepada orang-orang yang ada di sekitar kita.

Tuhan Yesus Memberkati

AH – DOT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *