APA YANG BISA BIKIN TUHAN KAGUM DENGAN KITA?

January 8, 2022 0 Comments

APA YANG BISA BIKIN TUHAN KAGUM DENGAN KITA?

Renungan Harian Youth, Sabtu 07 Januari 2022

Matius 8:10, Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.

Syalom rekan-rekan elohim Youth, salam sehat dan semangat selalu bagi kita semua. 

Berbicara tentang rasa kagum, pasti kita semua paham yaa bahwa ini adalah perasaan manusiawinya kita dalam melihat dan memandang sesuatu.  Bahkan di dalam KBBI, kata kagum itu memiliki arti:  heran (dengan rasa memuji); takjub; tercengang. Sehingga kembali kepada pertanyaan yang ada pada judul renungan kita pagi ini: apa yang bisa bikin Tuhan kagum dengan kita? Kira-kira bisa ndak Tuhan kagum dengan kita?

Teman-teman, pada dasarnya, Tuhan Allah menciptakan manusia itu dengan status yang istimewa lho. Kitab kejadian menjelaskan bagaimana cara manusia dibentuk dengan ajaib oleh oleh Bapa.  Manusia itu bahkan melebihi makhluk-makhluk lain yang diciptkan.  Dan Tuhan pun sudah melihat segala ciptaan-Nya itu baikNamun ternyata, dalam progress hidup manusia, kita mengetahui bahwa ada pasang surut kehidupan yang dialami manusia oleh karena dosa.  Dan sebenarnya semua kesalahan dan dosa manusia tidak mengurangi keberhagaan yang Allah berikan kepada manusia.

Manusia hanya perlu menunjukkan bahwa mereka layak untuk menerima kasih sayang dari Allah yang sempurna.

Dalam kisah Yesus menyembuhkan budak seorang perwira Romawi, kita menemukan bahwa ada hal menarik yang ditunjukkan oleh seorang yang seharusnya tidak layak untuk dikasihi dan mengalami mujizat dari Tuhan.  Dan Yesus menyatakan kekagumannya tersebut, bahkan mengatakan itu kepada para pengikut-Nya.  Dalam Terjemahan Sederhana Indonesia ditulis demikian:

“Mendengar itu, YESUS MERASA KAGUM lalu berkata kepada orang-orang yang mengikuti-Nya, “Aku menegaskan kepadamu: Bahkan di antara bangsa Israel pun belum pernah Aku menemukan keyakinan sebesar ini.”

YESUS KAGUM KEPADA MANUSIA YANG MEMILIKI KEYAKINAN YANG BESAR

Perwira yang datang kepada Yesus bukanlah orang Yahudi, dia adalah seorang Romawi yang dipandang sebagai komandan yang memimpin 100 orang tentara.  Seorang yang sangat paham tentang memerintah dan diperintah. Dan yang membuat Yesus kagum dengan orang ini, adalah dia bukanlah orang yang harus menerima anugrah dari Allah, namun mengupayakan orang yang tidak perlu dia tolong untuk mengalami kesembuhan.

Seorang budak dikenal sebagai orang yang tidak memiliki harga lagi.  Tidak harus dihargai, tidak harus ditolong, bahkan tidak perlu digaji.  Karena budak itu adalah milik tuannya, bukan miliknya lagi.  Jadi mau se menderita banget budak itu, dia itu tidak perlu mendapat pertolongan.  Namun ternyata, budak yang ditolong ini memiliki majikan yang memiliki kasih yang besar, dan bertekad datang kepada Yesus dengan cara yang dia pahami.  Walaupun ia seorang perwira Romawi, dan keberadaannya diantara orang Yahudi menunjukkan tunduknya, bangsa Yahudi kepada Roma, tetapi Kristus, yang adalah Raja orang Yahudi, merasa kagum kepadanya. 

Lukas menunjukkan permohonan sang perwira kepada Yesus dengan keberadaan dirinya yang tidak layak untuk ditolong.  Namun dia sangat memahami bahwa ada kuasa dalam sebuah perintah.  Dia hanya membutuhkan perkataan kesembuhan dari Yesus untuk budaknya, dan dia yakin bahwa budaknya itu akan sembuh.  Dia sangat yakin, jika Yesus adalah Raja diatas segala raja, maka segala kuasa pun ada di dalam diri Yesus; jika Tuhan Yesus berkehendak, apapun yang Dia mau terjadi, pasti terjadi.

Perwira ini mempunyai iman yang lebih besar, sebab ia yakin bahwa Yesus tidak perlu hadir secara fisik untuk melakukan kehendak-Nya.

Rekan-rekan youth, sebenarnya apa saja yang kita lakukan dengan hati yang tulus kepada Tuhan, itu bisa membuat Tuhan kagum dengan kita.  Tuhan melihat hati yang memprioritaskan Tuhan dalam hidupnya; Tuhan juga kagum dengan kita yang berdiri teguh dalam kesetiaan kita mengiringnya;  Tuhan bahkan sangat kagum dengan kita yang dengan penyerahan diri dan sukacita melakukan Firman Tuhan dalam segala keadaan kita.  Sekali lagi, semuanya akan lebih berarti jika niat hati kita untuk memuliakan Tuhan kita.

Mari kita memiliki sikap hati yang terus ingin membuat Tuhan kita kagum dengan kita.  Hiduplah dengan cara yang menarik dihadapan Allah dan lihatlah betapa Tuhan pun memandang kita sempurna dan sanggup menyediakan segala sesuatu bagi kita sesuai dengan kehendak-Nya.

Tuhan Yesus Memberkati

RM – AdS

PENGUMUMAN

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … Nanti sore ada EL-Rei jam 16.30 spesial Tahun baru akan menemani rekan-rekan semuanya dengan Tema Be Strong and Keep Fighting, memasuki tahun baru ini kita perlu belajar untuk bagaimana membangun hidup kita menjadi kuat dan mau untuk tetap berjuang menjalani kehidupan ini

Dan Juga jangan lupa buat Ibadah digedung gereja jam 06.00 pagi dan tentunya jangan lupa tetap dengan protokol kesehatan

Ibadah Sunday Funday jam 08.15 di channel Youtube Elohim ministry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *