GOD is our extraordinary GUIDE

April 13, 2021 0 Comments

Renungan Harian, Selasa 13 April 2021

Mazmur 25:4-5, “Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari.”

Selamat pagi bapak, ibu dan saudara sekalian,  Di era teknologi maju seperti sekarang ini, manusia telah membuat banyak alat bantu bagi dirinya, tujuannya adalah untuk mempermudah kita dalam seluruh aktifitas yang dikerjakan.  Salah satu alat bantu yang sangat menolong adalah GPS (Gobal Positioning System)

Apakah GPS itu??…

Awalnya GPS dibuat untuk keperluan Militer, baik untuk menunjukan posisi dengan tepat (positioning), membantu dalam memberikan arah (navigation), san sistem pencapaian senjata.  Pada tahun 1984, Presiden AS , Ronakd Wilson Reagan mengumumkan bahwa sebagaian kemampuan GPS boleh digunakan oleh masyarakat luas.  Dalam hal fungsi navigasi saja kita sudah banyak tertolong, belom banyak hal lainnya.

Apabila saya bertanya kepada kita semua ; Siapakah diantara bapak, ibu dan saudara sekalian yang bèlum pernah memakai GPS?  Saya percaya jumlah orang yang mengangkat tangan sangat sedikit.  Karena banyak diantara kita yang pernah memakainya. Aplikasi seperti Google Map dan Waze merupakan alat yang pasti akan kita pergunakan ketika kita melakukan perjalanan ke suatu tempat yang kita sendiri tidak pernah kesana.  Kenapa kita berani, karena Google Maps atau Waze akan membantu untuk menuntun perjalanan kita sampai ditujuan dengan tepat.  Cukup dengan menuliskan alamat tujuan kita di aplikasi GPS, kemudian kita akan dituntunnya sampai ke alamat tujuan kita. bahkan di aplikasi GPS tersebut dapat menunjukkan berapa menit jarak tempuh (menunjukkan waktu) dan berapa KM yang akan kita tempuh (jarak jelajah), bahkan dapat memberi informasi hal kemacetan dalam perjalanan kita.

Bapak, ibu dan saudara sekalian yang dikasihi TUHAN, tema renungan harian hari ini adalah GUIDE.  Apakah arti guide sebenarnya? Kata guide yang merupakan kata benda (noun) dalam Merriam Webster Dictionary memiliki arti: 

1) one that leads or directs another’s way  (sesuatu yang memimpin atau mengarahkan jalan orang lain),
2) a person who exhibits and explains points of interest (seseorang yang menunjukkan dan menjelaskan tempat menarik),
3) something that provides a person with guiding information (sesuatu yang memberikan informasi panduan kepada seseorang).

Dalam arti sederhana kata guide memiliki arti penuntun yang memimpin dan mengarahkan kita kepada suatu tempat yang menjadi tujuan kita.

Mazmur 25:4 menuliskan bahwa dalam doanya pemazmur menyampaikan permohonan kepada Tuhan untuk menunjukkan jalan-jalan-NYA [terjemahan Firman Allah Yang Hidup menuliskan; Tunjukkanlah jalan yang harus ku tempuh ya Tuhan, tunjukkanlah jalan yang benar yang harus ku ikuti].

Mengapa Daud menyampaikan doa yg demikian??  Karena Daud tahu bahwa jalan Tuhan itu sempurna.  Terjemahan King James memakai kata “PERFECT”  untuk kata sempurna tersebut.  Dalam bahasa aslinya Daud memakai kata yang artinya “Tanpa cacat cela” [Mazmur 18:31]. 

Bagi Daud Tuhan adalah “Guide” yang sempurna, jalan-NYA sempurna adanya.  Orang-orang yang mengikuti jalan-NYA sama dengan orang yang mengikuti pimpinan-NYA yang akan membawa kepada akhir yang sempurna.

 Jika TUHAN yang menjadi “GUIDE” kehidupan kita, maka DIA adalah pribadi yang memimpin, menuntun dan mengarahkan kita menuju tujuan-NYA bagi hidup kita. 

Ada dua hal mengenai GOD is our extraordinary GUIDE;

1. TUHAN adalah Sang Pemandu Kehidupan.

Kita bukan berasal dari bumi ini.  Kita adalah Warga Kerajaan Sorga yang diutus di bumi untuk mengelola bumi dan segala isinya. Ada banyak hal yang tidak kita ketahui bagaimana hidup di bumi. Namun TUHAN adalah Sang Pencipta langit dan bumi serta alam semesta. TUHAN sudah mempersiapkan panduan terbaik agar kita dapat mengelola bumi ini seturut rencana dan kehendak-NYA yang sempurna. TUHAN sudah menyediakan buku panduan yang terbaik bagi kita, buku panduan itu adalah Alkitab. Maukah anda membaca Alkitab? Maukah anda mengikuti panduan TUHAN dengan menjadi pelaku dari firman-NYA?  Yakobus 1:22 menulis; hendaklah kamu jadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja. 

Bapak, ibu dan saudara yang terkasih, marilah kita jadi umat Tuhan yang hidup sesuai dengan Firman Tuhan, sebab Firman- NYA adalah panduan dan petunjuk bagi kehidupan kita.

2. TUHAN adalah Sang Pemandu yang Terbaik.

TUHAN selalu siap memandu kita setiap saat. TUHAN mau kita percaya dan mengandalkan TUHAN setiap saat. Kunci menikmati panduan TUHAN adalah hidup bergantung dan berserah kepada TUHAN. Tetaplah rendah hati dan jangan mengandalkan kemampuan dan kekuatan kita sendiri. TUHAN memandu kehidupan kita dengan sangat tepat waktu, sangat presisi dan tidak pernah salah. Sudahkah kita merelakan kehidupan kita dipandu TUHAN?

Bapak, ibu dan saudara yang terkasih, marilah kita semua bersama menjadi pribadi yang mau mempercayakan hidupnya kepada Sang Pemandu Kehidupan, maka DIA, sang pemandu yang sejati yaitu Tuhan Yesus Kristus, akan membawa kita kepada Tujuan-NYA yang sempurna bagi hidup kita.

Mazmur 18:31 mencatat; “Adapun Allah, jalan-NYA sempurna; janji Tuhan adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-NYA.” 

TUHAN adalah pemandu kehidupan yang sangat luar biasa, relakanlah diri kita untuk dipandu TUHAN setiap saat.

 Amin.Tuhan Yesus Memberkati.

DS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *