Menjalani Kehidupan yang Diberkati Tuhan

December 14, 2021 0 Comments

Menjalani kehidupan yang diberkati Tuhan

Renungan Harian Youth, Selasa 14 Desember 2021

Syalom rekan-rekan youth… Puji Tuhan kita bisa bertemu Kembali dalam renungan harian hari ini… semoga rekan-rekan tetap semangat dan tetap sehat semuanya.

Rekan-rekan sebetulnya apa bedanya malam tahun baru dengan malam-malam lain sehingga kita me-rayakannya dengan meriah? Tidak ada bedanya. Semua malam dan tahun pada dasarnya sama. Perbedaannya tergantung dari bagaimana manusia memberi arti terhadap perubahan tahun itu. Yang lebih penting bukanlah bagaimana kita menanti detik-detik memasuki tahun yang baru, tetapi bagaimana kita memanfaatkan momen tahun baru untuk membulatkan tekad kita untuk menjadi manusia yang baru. Atau hari dimana kita berulang tahun dengan hari-hari biasa, seseorang pasti memberikan arti yang berbeda pada hari ulang tahunnya.

Tentunya dalam kehidupan kita, ada kerinduan untuk kita menikmati kehidupan yang diberkati dan menjadi berbahagia. Sudahkah rekan-rekan merasa Bahagia dalam kehidupan kita? Kita harus punya satu tekad untuk meraih kebahagiaan hidup yang kita jalani dan tentunya didalam kehendak Tuhan.

Ciri-ciri orang berbahagia secara umum ada 5 hal :

  1. Mampu melupakan masa lalu
  2. Mau memilih untuk berbahagia.
  3. Menghargai yang sudah dimiliki.
  4. Tahu mensyukuri dan merayakan keberhasilannya.
  5. Bekerja dengan sepenuh hati

Dan dari point-point diatas bisa ditambahkan dengan point-point lain yang membuat diri kita berbahagia. Namun ada point kebenaran yang harus juga kita tambahkan ketika kita mau menikmati kehidupan yang diberkati Tuhan dan berbahagia adalah ketika hidup kita bisa mejadi berkat bagi orang lain.

Mungkin selama ini kita hanya berdoa “Tuhan tunjukkan caranya bagaimana supaya aku diberkati”. Manusia seringkali merasa berbahagia hanya ketika dia menerima sesuatu, namun ada sebuah prinsip yang harus kita tambahkan dalam doa kita adalah “Apakah alasan Tuhan memberkati aku”. Konsep ini akan menuntun kita untuk dapat hidup bukan tentang dirinya sendiri namun bagaimana kita berfikir untuk menjadikan diri kita menjadi berkat bagi orang lain.

Orang yang diberkati oleh Tuhan adalah mereka yang bisa menjadi berkat bagi orang lain.

Ketika seseorang menyadari bahwa dirinya dan setiap keberadaannya adalah sebagai saluran berkat maka Tuhan akan menambah-nambahkan sebuah kepercayaan akan berkatNya didalam kehidupannya.

Kisah Rasul 20:35 Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.”

Ayat diatas memberikan sebuah kesaksia bagi Rasul Paulus dalam pelayanannya, ketika dia bekerja sebagai pembuat tenda dia bekerja keras tetapi tujuannya adalah supaya apa yang dia lakukan untuk bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Rasul Paulus tidak menjadikan dirinya sebagai beban bagi jemaat yang ada, namun sebaliknya Paulus menyadari panggilannya adalah untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Dan ada sebuah kalimat Kebenaran dari Tuhan Yesus yang tidak tertulis dalam Injil bahwa Memberi adalah sebuah Kebahagiaan.

Rekan-rekan ditengan momen natal dan situasi yang ada disekitar kita, mari kita mau untuk menjadi berkat bagi orang-orang yang ada disekitar kita. Biarlah kita mau untuk menaikkan doa kita untuk merenungkan “siapakah orang disekitar kita yang Tuhan mau kita menjadi saluran berkatNya”

Memberi memang bagian kita menjadi kurang, tetapi faktanya tidak ada penyesalan waktu kita menjadi berkat, malah sebaliknya ketika kita memberi maka kita akan mencicipi kebahagiaan yang sesungguhnya karena diri kita bisa membawa sukacita bagi orang lain.

Jadilah orang yang “diberkati Tuhan” dengan “MENJADI BERKAT” bagi orang lain. Kiranya Tuhan menolong kita dan kita mau untuk membuka hati kita untuk bersedia berbagi berkat bagi mereka yang membutuhkan. Selamat menjalani kehidupan yang diberkati oleh Tuhan

Komitmenku hari ini

Diberkati oleh Tuhan bukanlah tentang seberapa banyak yang aku terima tetapi bagaimana aku bisa menjadi berkat bagi sesamaku

YNP – MLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *