“Stop Bullying, Sharing Love”

May 25, 2024 0 Comments

Renungan Harian Anak, Sabtu 25 Mei 2024

Selamat pagi adik-adik yang dikasihi Tuhan Yesus bagaimana kabar kalian, kakak harapkan adik-adik tetap sehat dan tetap dalam perlindungan Tuhan.

Hari ini kita akan belajar tentang pentingnya menghentikan tindakan bullying dan membagikan kasih. Apa itu bullying? Bullying adalah ketika seseorang menyakiti orang lain baik secara fisik, verbal, atau emosional. Ini bisa berupa ejekan, pukulan, atau membuat orang lain merasa sedih dan tidak berharga.

Di sebuah sekolah, ada seorang anak bernama Andi yang sering diejek dan dipukul oleh teman-temannya. Setiap hari Andi merasa sedih dan takut untuk pergi ke sekolah. Suatu hari, seorang anak bernama Rina melihat Andi sedang menangis sendirian di pojok taman sekolah. Rina merasa kasihan dan memutuskan untuk mendekati Andi. Rina bertanya, “Andi, kenapa kamu menangis?” Andi menjawab, “Aku diejek kata mereka aku jelek dan sering dipukul oleh teman-teman. Aku merasa sedih dan tidak ingin ke sekolah lagi.” Rina merasa sedih mendengar cerita Andi, Dia kemudian berkata, “Jangan khawatir, Andi. Aku akan menjadi temanmu dan kita bisa melaporkan ini kepada guru agar mereka bisa membantu.” Rina membawa Andi ke guru mereka dan menceritakan semua yang terjadi. Guru mereka segera bertindak dan mengajak semua siswa untuk berbicara tentang pentingnya saling menyayangi dan menghentikan bullying. Teman-teman Andi yang tadinya suka mengejek akhirnya menyadari kesalahan mereka dan meminta maaf kepada Andi.

Tindakan bullying itu salah dan bisa menyakiti perasaan orang lain. Kita harus selalu berbuat baik kepada sesama dan membagikan kasih.

Trus apa yang harus kita lakukan ?

  1. Jangan ikut menjahili orang lain. Jadilah anak yang baik, suka menolong, ramah dan murah senyum. Jadilah Teman yang Baik, jika melihat teman yang sedang disakiti, bantulah dia dan jangan biarkan dia sendirian.
  2. Punya sikap atau pendirian sehingga tidak mudah dipengaruhi orang lain. Beranilah untuk melakukan apa yang benar.
  3. Percaya diri kalau kamu juga punya kelebihan. Kalau belum menemukan, cobalah menggali dengan belajar menekuni yang kamu sukai.
  4. Kamu bisa berterus terang dan jujur untuk menyatakan pendapat. Tidak diam karena sungkan atau takut. Jika kamu melihat atau mengalami bullying, segera laporkan kepada guru atau orang dewasa yang bisa membantu.

Tips diatas adalah nasehat penting yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa menghentikan tindakan bullying, atau jika ada orang yang membully kalian, kalian tahu apa yang harus kalian lakukan. Dan yang terpenting adalah Bagikan Kasih, selalu berusaha untuk menjadi ramah, baik, dan penuh kasih kepada semua orang, seperti Yesus yang mengasihi kita.

Ayat Hafalan

Efesus 4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Komitmenku hari ini

Tuhan memberkati kalian semua!

YNP – NJ

PENGUMUMAN

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Anak Elohim di Gedung Gereja ya besok hari minggu jam 8.00 … Ayo ajak teman-teman kita semuanya ya ..

Kita mau belajar dari kisah Petrus Menyembuhkan Orang Lumpuh. Tuhan memberi kemampuan kepada Petrus untuk menyembuhkan orang lumpuh dan kita juga meminta untuk dimampukan Tuhan agar dapat menolong orang lain yang memerlukan pertolongan.

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Sampai jumpa besok …

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *