Renungan Harian Sabtu, 15 Mei 2021

Bacaan: Lukas 24:38. “Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu?”

Shalom bapak, ibu dan saudara terkasih… semoga kita semua senantiasa ada dalam pemeliharaan Tuhan. Kata “Ragu-ragu” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bimbang, kurang percaya.  Terkadang kita dihinggapi keragu-raguan dalam menjalani kehidupan ini.  Terkadang kita dilanda rasa takut yang bahkan akhirnya menjadi ketakutan. Kita takut dan ragu-ragu karena kita tidak siap menghadapi kejutan dalam kehidupan.  Jika bapak, ibu dan saudara sedang dalam keragu-raguan mengikut TUHAN dan sedang takut menghadapi hari esok, sesungguhnya kita tidak sendirian.

Hari-hari ini ada banyak orang sedang meragukan apakah TUHAN itu benar-benar ada. Ada banyak orang yang pesimis akan hari depannya.  Hari ini ada berita baik.  Ingatlah bahwa TUHAN tidak pernah berjanji kemudian mengingkarinya.  Jika TUHAN sudah berjanji pasti DIA akan genapi.

Bilangan 23:19 "Allah bukanlah manusia, sehingga IA berdusta, bukan anak manusia, sehingga IA menyesal.  Masakan IA berfirman dan tidak melakukannya atau berbicara dan tidak menepatinya?"

dalam terjemahana Bahasa Indonesia Masa Kini tertulis demikian; Allah tidak seperti manusia, yang gampang menyesal dan suka berdusta.  Bila Allah berjanji, pasti IA tepati!.  Bila IA berbicara, tentu akan terlaksana!.”

Bapak, ibu dan saudara yang terkasih, mengacu kepada pengalaman murid-murid,

Bagaimanakah supaya kita dapat keluar dari  keragu-raguan?

Yang Pertama, Bersiaplah – Lukas 24:36-37.

TUHAN kita selalu siap memberi kejutan indah bagi kita.
Dalam bacaan kita hari ini dikisahkan murid-murid Yesus sangat terkejut saat Yesus menampakkan diri di tengah-tengah mereka. Yesus menampakkan diri dengan tubuh kemuliaan, sehingga murid-murid-Nya sangat terkejut dengan kehadiran Yesus secara  supranatural. Sesungguhnya murid-murid sangat kaget dan tidak siap dengan kehadiran Yesus. Sebenarnya Yesus sedang memberikan kejutan indah kepada para murid-NYA. Siap tak siap akan selalu ada kejutan terjadi. Namun inilah yang membedakannya, Yesus memberikan kejutan indah dan membangkitkan rasa syukur, sedangkan iblis memberikan kejutan yang menakutkan. Bersiaplah mengalami kejutan indah dari TUHAN.

Yang kedua, Percaya saja – Luk 24:38-41.

Dalam teks kita tertulis bahwa Yesus tidak hanya memberi kejutan indah kepada para murid-NYA, namun Yesus juga memberi bukti bahwa IA TUHAN.  DIA telah bangkit tepat seperti apa yang telah dikatakan-NYA (Lukas 16:21. 17:22,23. 20:18,19). 

Jangan ragu-ragu kepada TUHAN. 
Belajarlah percaya kepada TUHAN.

Yesus adalah TUHAN, ALLAH, RAJA dan JURUSELAMAT. Masihkah bapak, ibu dan saudara meragukannya? Sejak dari hari kebangkitan-NYA, sudah ada usaha untuk menghapuskan berita kebangkitan itu (Matius 28:11-15).  Ada juga berita yang  mengatakan bahwa yang disalibkan adalah Yudas Iskariot namun berita ini adalah hoax yang disebarkan oleh orang yang tak bertanggung jawab agar banyak orang tidak mengakui ke-TUHAN-an Yesus.

Bapak, ibu dan saudara sekalian.  Yesus adalah benar-benar TUHAN yang disalibkan dan mati di kayu salib, kemudian IA dikuburkan di dalam goa dan terjadilah kegentaran di saat dimana Yesus bangkit dari kematian pada hari yang ke-tiga.  Jika kita pergi ke kubur Yesus, maka kita akan menemukan kubur kosong. Tak ada yang menyembunyikan Yesus, sebab IA sudah bangkit. Saat ini Yesus ada di sorga untuk menyediakan jaminan kehidupan kekal bagi kita orang yang percaya kepada-NYA.

Oleh sebab itu jangan pernah meragukan TUHAN, DIA tahu yang terbaik bagi kita.  Tetap percaya kepada Yesus dan mintalah hikmat-NYA dalam menjalankan pekerjaan dan tanggung jawab yang sudah dipercayakan TUHAN kepada kita. 

Amin,  Tuhan Yesus Memberkati.

DS

Ibadah Perayaan Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga

Minggu 16 Mei 2021
Jam 06.00
Di Gedung Gereja GPdI ELohim Batu
Jl. Diponegoro No. 125 Batu