Renungan Harian Youth, Sabtu 15 Mei 2021

Bahan Bacaan  : I Samuel 25

Syalooom… selamat pagi teman- teman remaja pemuda ELOHIM. Apa kabarnya hari ini? Semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan.

Setiap hari kita diperhadapkan oleh berbagai pilihan dalam kehidupan kita. Dari hal ini, bagaimana kita bersikap secara bijaksana untuk menentukan pilihan-pilihan tersebut. Saat ini kita mau belajar lewat kehidupan seorang wanita yang tertulis didalam Alkitab. Seorang wanita yang bijaksana, yang bernama Abigail. Dalam ayat kedua dan ketiga dari I Samuel 25 menjelaskan bahwa Abigail perempuan cantik yang mempunyai suami, Nabal seorang yang kasar dan jahat kelakuannya. Dari kehidupan Abigail bersama Nabal ini, kita dapat menarik pelajaran hikmat.

Yang pertama,  Tidak kompromi dengan hal-hal yang salah.

Entah sudah berapa lama Abigail hidup dengan Nabal, tapi pastinya Abigail akan merasa tidak nyaman dengan tingkahlakunya Nabal yang jahat dan kasar. Tapi disini kita dapat melihat Abigail tidak kompromi dengan dosa Nabal, melainkan tetap rendah hati dan berani tampil beda. Abigail tetap hidup dengan benar. Apakah dalam kehidupan kita sebagai anak muda, kita mudah kompromi dengan dosa? Dengan hal-hal yang salah? Dengan hal yang menyakiti hati Tuhan? Mari kita belajar dari Abigail, yang hidup dengan berhikmat dan tidak mau kompromi dengan dosa.

Amsal 14; 6 mengatakan,”Orang bijak berhati-hati dan menjauhi kejahatan, tetapi orang bebal melampiaskan nafsunya dan merasa aman.”

Yang kedua, Menjadi Berhikmat

Yang dapat kita pelajari dari hidup Abigail adalah dengan hikmat, Abigail berani membuat keputusan dengan cara yang tepat diwaktu yang tepat. Terbukti dalam I Samuel 25 ayat 24, 26 dan 36-37. Dari ayat-ayat ini kita dapat melihat Abigail membuat keputusan-keputusan dengan cara yang tepat dan waktu yang tepat.

Ayat 24, Abigail memohon kepada Daud untuk menanggung segala apa yang diperbuat oleh Nabal, karna ia adalah suaminya.
Di ayat 26, sempat-sempatnya Abigail mengingatkan Daud untuk tidak berbuat dosa dengan membunuh.
Ayat ke 36-37, Abigail berbicara jujur kepada Nabal tentang apa yang diperbuatnya terhadap Daud dan pasukannya, dengan cara dan waktu yang tepat.

Saat hikmat digabungkan dengan tindakan, maka dapat menyelamatkan keluarga, medamaikan pihak yang bertengkar, serta dapat mengubah dunia. Pastinya menggabungkan tindakan dengan hikmat  ini harus di tuntun dengan kasih.

Amsal 29: 11,”Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak meredakannya.”

Jika kita mengingat pengajaran Tuhan Yesus Kristus, siapakah mereka yang berhikmat? Dalam Matius 7:24-27, dinyakan bahwa orang yang berhikmat bukan saja mereka yang mengetahui saja tetapi bagaimana melakukan Firman Tuhan dalam kehidupannya setiap hari.

Matius 7:24 “Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.

Seorang pakar keuangan Kristen, Ronal Blue menuliskan:

Hikmat itu tidak diukur dari gelar akademis, tetapi dari apa yang dengan sadar kita perbuat. Hikmat itu bukan soal mempelajari kebenaran, melainkan menerapkan kebenaran dalam kehidupan.

Mari kita hidup dengan hikmat yang dari Tuhan; tidak kompromi dengan dosa, serta berani membuat keputusan-keputusan dengan cara dan waktu yang tepat. Lakukanlah setiap kebenaran yang telah kita terima dan ijinkan Roh Kudus untuk terus mengkoreksi hati kita setiap saat, supaya kita memiliki hati yang lembut dan dimampukan untuk menjadi pelaku-pelaku Firman Tuhan

Tuhan Yesus memberkati.

MW- Ads

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … Nanti sore ada EL-Rei jam 16.30 yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar juga dari sudut pandang Firman Tuhan … dan tema kita nanti sore adalah “Pulang ke Rumah – Mudik”… sebuah tema yang cocok dengan situasi akhir-akhir ini, namun sebagai anak Tuhan ada moment mudik yang harus kita lakukan … apa dan bagaimana akan dikupas tuntas jadi jangan lupa saksikan El Rei nanti sore.

Dan Juga jangan lupa besok Ibadah Perayaan Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga di gedung gereja jam 06.00 pagi dan tentunya jangan lupa tetap dengan protokol kesehatan

Ibadah Sunday Funday jam 08.15 di channel youtube Elohim ministry.